RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SDN BANYU
URIP IX/563
Kelas /Semester : VI/I
Tema/
Subtema/PB : 1. Selamatkan
Makhluk Hidup/1.Tumbuhan Sumber
Kehidupan / 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit
)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya sertacinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluK ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, disekolah dan
di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang jelas,sistematis, logis, dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, serta dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta
bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2
Menunjukkan sikap berpikir
logis, kritis dan kreatif.
3.1
Memahami operasi hitung yang
melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan
persen).
4.1
Merumuskan dengan kalimat
sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategiyang efektif dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung,
bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator:
·
Menunjukkan
sikap menerima, menjalankan dan menghargaiajaranagamayang dianutnya
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membiasakan sikap cermat dan teliti dalam
mengerjakan tugas.
·
Membiasakan sikap
berpikir logis, kristis dan kreatif.
·
Menyelesaikan
soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung
penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
·
Menerapkan
strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan
persen
PPKN
Kompetensi Dasar:
1.1 Menghargai semangat
kebhinnekatunggalikaan dankeragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanankhas, dan upacara adat,sosial, dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2 Menghargai kebersamaan dalam
keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan
bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.
2.1 Menunjukkan perilaku bertanggung
jawab dan rela berkorban dalam keluarga,sekolah, dan lingkungan sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1 Memahami moralitas yang
terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, danlingkungan masyarakat
sekitar.
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan
nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari haridi lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Indikator:
·
Meyakini adanya kebhinekaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
·
Menunjukkan rasa syukur atas keberagaman dan
kebersamaan sebagai anugrah Tuhan YME.
·
Membiasakan perilaku bertanggung jawab dan rela
berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat perwujudan nilai
dan moral Pancasila.
·
Menceritakan
sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan
lingkungan masyarakat sekitar.
·
Menceritakan
pengalaman dan rencana mempraktikkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
IPA
Kompetensi Dasar
1.1
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serTA mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6 Mendeskripsikan
perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4 Mengikuti
prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk
tulisan.
Indikator:
·
Mengimani hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan YME.
·
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu dan jujur dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Mengklasifikasi
beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
·
Melaporkan
hasil klasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan observasi dan mencari informasi,
siswa mampu membedakan dan
mengklasifikasikan perkembangbiakan vegetatif dan generatif padatumbuhan dengan
teliti.
2. Dengan diskusi dan pemecahan
masalah, siswa mampu menganalisis dan menyimpulkan hubungan antara perkembangbiakan dan fungsi
tumbuhan sebagai
sumber kehidupan dengan bertanggung jawab.
3. Dengan diskusi dan mengamati
gambar, siswa mampu menceritakan sikapyang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
di rumah, sekolah, dan lingkunganmasyarakat sekitar dengan percaya diri.
4. Dengan kegiatan refleksi, siswa
mampu menceritakan pengalaman danrencanamempraktikkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dirumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar dengan percaya diri.
5. Dengan mengerjakan soal cerita,
siswa mampu menerapkan operasi hitungpenjumlahan, pengurangan, dan perkalian
pada pecahan menggunakanstrategi yang tepat dengan teliti.
6. Dengan mengerjakan soal cerita,
siswa mampu memecahkan masalahyang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan,
pengurangan, dan perkalian
pada pecahan menggunakan strategi yang tepat dengan teliti.
D. Materi
Pembelajaran
1. Pkn : sikap yang sesuai dengan
nilai – nilai Pancasila
2. IPA : Perkembangbiakan generatif
dan vegetatif
3. Matematika : operasi hitung
penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
: saintifik ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencobamengasosiasi/
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
2. Metode
: diskusi, tanya jawab, penugasan
F. Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar tanaman
pisang, cocor bebek, salak, jahe, laos, bawang (daun bawang), tebu, singkong, jagung, padi,
lombok. Gambar Burung garuda .
Sumber Pembelajaran:
Buku Siswa kelas 6, lingkungan s ekitar.
G. Langkah
– langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Siswa
berdoa bersama dipimpin ketua kelas
2.
Guru
menyampaikan materi sebelumnya dan mengaitkannya dengaan materi yang akan
dipelajari
3.
Siswa
menyanyikan lagu garuda Pancasila bersama – sama
4.
Guru
menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari
5.
Guru
memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Siswa
mengamati gambar daun cocor bebek yang berkembang biak secara vegetatif
alami, yaitu tunas pada daun
2.
Siswa
diminta membuat minimal dua pertanyaan mengenai tanaman cocor bebek
3.
Siswa
secara berpasangan akan saling menjawab pertanyaan yang telah dibuat
4.
Siswa
dibaagi kedalam beberapa kelompok kecil, kemudian menjawab pertanyaan yang
terdapat dalam buku siswa hal.50
5.
Siswa
menyampaikan jawaban hasil diskusi di depan kelompok lain
6.
Guru
mengingatkan kepada siswa bahwa dengan menyayangi dan merawat tanaman sekitar
mereka, maka mereka telah ikut menjaga kelestarian lingkungan.
7.
Siswa
diberikan penguatan tentang nilai – nilai yang terkandung pada pancasila
8.
Siswa
dalam kelompok mendiskusikan nilai – nilai yang terkandung dalam sila ketiga”
persatuan Indonesia”, sila keempat “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan”, dan sila kelima “ keadilan
sosial bagi seluruh rakyat indonesia”
9.
Siswa
kemudian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
10.
Siswa
diberikan penguatan tentang nilai – nilai yang terkandungpada sila ketiga,
keempat dan kelima pancasila
11.
Siswa
mengamati dua gambaryang sesuai dengan nilai – nilai pancasila dan
mendiskusikan untuk menemukan kesesuaian dengan nilai – nilai pancasila
12.
Siswa
mengerjakan soal hitung campuran pecahan di buku siswa hal.56
|
190
Menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru membuat kesimpulan materi
2.
Siswa
bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar
3.
Guru
memberikan tugas
4.
Siswa
memimpin doa di akhir pembelajaran
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. penilaian sikap : tanggung jawab, teliti, peduli
b. penilaian pengetahuan : jawaban singkat
c. penilaian keterampilan : unjuk kerja
1.
Penilaian sikap
Ø Observasi
No
|
NamaSiswa
|
Aspek
|
|||
Spiritual
|
Sosial
|
||||
Syukur
|
Bertanggung
jawab
|
Teliti
|
Peduli
|
||
1
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
Dst
|
|||||
Catatan:
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan
kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Ø
Tes Tulis
Isilah dengan jawaban yang benar
dan tepat.
1.
Tanaman salak berkembang biak secara.........................
2.
Tanaman jahe berkembang biak
secara...........................
3.
Garuda Pancasila menghadap ke kanan
karena.....................
4.
Sila-sila Pancasila harus diterapkan
pada............................
5.
20 % jika dijadikan desimal
menjadi..................................
6.
Kebun
jahe di belakang rumah berbentuk persegi panjang, Luas kebun jahe adalah
180 cm2, panjang kebun 15 cm, lebar kebun
adalah.......................cm
Kunci jawaban
1.
Generatif
2.
Vegetatif
3.
Melambangkan kebenaran
4.
Kehidupan sehari-hari
5.
0,2
6.
180:15= 12 cm
Penskoran = (jawaban benar x 2 ) x 4
12
3.
Penilaian keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
Mengetahui
Kepala SDN Banyu Urip
IX
Dra. Hj. TEMU SUWATI
Nip. 19571120 198103 2
012
|
Surabaya, …………………………….
Guru Kelas VI
ENY SULISTINA, S.Pd. SD
Nip. 19860804 201402 2
001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar