Sabtu, 27 Januari 2018

RPP KELAS VI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan           : SDN BANYU URIP IX/563
Kelas /Semester               : VI/I
Tema/ Subtema/PB          : 1. Selamatkan Makhluk Hidup/1.Tumbuhan Sumber  Kehidupan / 5
Alokasi Waktu                 : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit )

A.   Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya sertacinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluK ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, disekolah dan di tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yangmencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku   anak beriman dan berakhlak mulia. 


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1   Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu,          tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
2.2   Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif.
3.1   Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan persen).
4.1   Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategiyang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabannya.

      Indikator:
·        Menunjukkan sikap menerima, menjalankan dan menghargaiajaranagamayang dianutnya  dalam  kehidupan sehari-hari.
·        Membiasakan sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan tugas.
·        Membiasakan sikap  berpikir logis, kristis dan kreatif.
·        Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
·        Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen
      PPKN
      Kompetensi Dasar:
1.1   Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dankeragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanankhas, dan upacara adat,sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
1.2   Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.
2.1   Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga,sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
3.1   Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, danlingkungan masyarakat sekitar.
4.1   Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari haridi lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

       Indikator:
·         Meyakini adanya kebhinekaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
·         Menunjukkan rasa syukur atas keberagaman dan kebersamaan sebagai anugrah Tuhan YME.
·         Membiasakan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat perwujudan nilai dan moral Pancasila.
·         Menceritakan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
·         Menceritakan pengalaman dan rencana mempraktikkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar.
IPA                        
       Kompetensi Dasar
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakannya, serTA mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.6   Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup.
4.4   Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan.
        Indikator:
·        Mengimani hubungan keteraturan dan kompleksitas alam jagad raya terhadap kebesaran Tuhan YME.
·        Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu dan jujur dalam kehidupan sehari-hari.
·        Mengklasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.
·        Melaporkan hasil klasifikasi beragam jenis tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakan.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan observasi dan mencari informasi, siswa mampu membedakan dan mengklasifikasikan perkembangbiakan vegetatif dan generatif padatumbuhan dengan teliti.
2.   Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menganalisis dan menyimpulkan hubungan antara perkembangbiakan dan fungsi tumbuhan sebagai sumber kehidupan dengan bertanggung jawab.
3.   Dengan diskusi dan mengamati gambar, siswa mampu menceritakan sikapyang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkunganmasyarakat sekitar dengan percaya diri.
4.   Dengan kegiatan refleksi, siswa mampu menceritakan pengalaman danrencanamempraktikkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dirumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar dengan percaya diri.
5.   Dengan mengerjakan soal cerita, siswa mampu menerapkan operasi hitungpenjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada pecahan menggunakanstrategi yang tepat dengan teliti.
6.   Dengan mengerjakan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalahyang berkaitan dengan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada pecahan menggunakan strategi yang tepat dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pkn : sikap yang sesuai dengan nilai – nilai Pancasila
2.      IPA : Perkembangbiakan generatif dan vegetatif
3.      Matematika : operasi hitung penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan : saintifik ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencobamengasosiasi/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
2.    Metode : diskusi, tanya jawab, penugasan

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar  tanaman  pisang, cocor bebek, salak, jahe, laos, bawang (daun  bawang), tebu, singkong, jagung, padi, lombok. Gambar Burung garuda .
Sumber Pembelajaran: Buku Siswa kelas 6, lingkungan s ekitar.

G.     Langkah – langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.         Siswa berdoa bersama dipimpin ketua kelas
2.         Guru menyampaikan materi sebelumnya dan mengaitkannya dengaan materi yang akan dipelajari
3.         Siswa menyanyikan lagu garuda Pancasila bersama – sama
4.         Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari
5.         Guru memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat


10
menit


Kegiatan inti

1.         Siswa mengamati gambar daun cocor bebek yang berkembang biak secara vegetatif alami, yaitu tunas pada daun
2.         Siswa diminta membuat minimal dua pertanyaan mengenai tanaman cocor bebek
3.         Siswa secara berpasangan akan saling menjawab pertanyaan yang telah dibuat
4.         Siswa dibaagi kedalam beberapa kelompok kecil, kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa hal.50
5.         Siswa menyampaikan jawaban hasil diskusi di depan kelompok lain
6.         Guru mengingatkan kepada siswa bahwa dengan menyayangi dan merawat tanaman sekitar mereka, maka mereka telah ikut menjaga kelestarian lingkungan.
7.         Siswa diberikan penguatan tentang nilai – nilai yang terkandung  pada pancasila
8.         Siswa dalam kelompok mendiskusikan nilai – nilai yang terkandung dalam sila ketiga” persatuan Indonesia”, sila keempat “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan”, dan sila kelima “ keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia”
9.         Siswa kemudian mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
10.     Siswa diberikan penguatan tentang nilai – nilai yang terkandungpada sila ketiga, keempat dan kelima pancasila
11.     Siswa mengamati dua gambaryang sesuai dengan nilai – nilai pancasila dan mendiskusikan untuk menemukan kesesuaian dengan nilai – nilai pancasila
12.     Siswa mengerjakan soal hitung campuran pecahan di buku siswa hal.56















190
Menit
Penutup
1.         Siswa bersama guru membuat kesimpulan materi
2.         Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar
3.         Guru memberikan tugas
4.         Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran
10 menit

H.     Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. penilaian sikap : tanggung jawab, teliti, peduli
b. penilaian pengetahuan : jawaban singkat
c. penilaian keterampilan : unjuk kerja

1.    Penilaian sikap
Ø  Observasi
No
NamaSiswa
Aspek
Spiritual
Sosial
Syukur
Bertanggung jawab
Teliti
Peduli
1
1
2
3
1





3





4





5





Dst











Catatan:
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang


2.        Penilaian pengetahuan 
Ø  Tes Tulis
Isilah dengan jawaban yang benar dan tepat.
1.       Tanaman salak berkembang biak secara.........................
2.       Tanaman jahe berkembang biak secara...........................
3.       Garuda Pancasila menghadap ke kanan karena.....................
4.       Sila-sila Pancasila harus diterapkan pada............................
5.       20 % jika dijadikan desimal menjadi..................................
6.       Kebun  jahe di belakang rumah berbentuk persegi panjang, Luas kebun jahe adalah 180 cm2, panjang kebun 15 cm, lebar kebun adalah.......................cm
Kunci jawaban
1.       Generatif
2.       Vegetatif
3.       Melambangkan kebenaran
4.       Kehidupan sehari-hari
5.       0,2
6.       180:15= 12 cm
Penskoran =   (jawaban benar x 2 )  x 4
                                               12
3.       Penilaian keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja



Mengetahui
Kepala SDN Banyu Urip IX




Dra. Hj. TEMU SUWATI
Nip. 19571120 198103 2 012

Surabaya, …………………………….
Guru Kelas VI




ENY SULISTINA, S.Pd. SD
Nip. 19860804 201402 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar