Sabtu, 27 Januari 2018

RPP KELAS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah              : SDN BANYU URIP IX/ 563
Mautan Terpadu            : Bahasa Indonesia,IPA,IPS
Tema                             : 3.Peduli terhadap makhluk hidup
Sub tema                       : 1.Hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku
Pembelajaran    ke        : 1 (senin 2 oktober 2017 )
Kelas / semester           : IV / I
Materi Pokok                 :  Buku hal 2
Alokasi Waktu               : 7 X 35 Menit ( 1xpertemuan )

I.KOMPETENSI INTI
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


II.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif dalambentuk teks tulis

Indikator:
3.3.1 Membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan wawancara.

IPA
3.1 Mengidentifikasi karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan masyarakatdari tingkat
kota/ kabupatensampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk kesejahteraanmasyarakat
dari tingkatkota/kabupaten sampai tingkatprovinsi

Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataran rendah, dan pantai sertapemanfaatan sumber daya
alamnya bagi kesejahteraanmasyarakat.
4.1.1 Menyajikan informasi hasilidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataranrendah, dan pantai sertapemanfaatan
sumber dayaalamnya bagi kesejahteraanmasyarakat.

IPS
3.8 Memahami pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya

Indikator:
3.8.1 Mengidentifikasi masalahmasalahkeseimbanganlingkungan
4.8.1 Melakukan identifikasimasalah keseimbanganlingkungan

III.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan wawancara dengan tepat.
2.   Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.
3.   Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasimasalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
4.   Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa mampu melakukan identifikasimasalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataran rendah, dan pantai
serta pemanfatan sumber dayaalamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6.   Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasilidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai sertapemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakadengan sistematis.

IV.MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia : Membuat pertanyaan
IPA                       : Melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan
IPS                       : Melakukan pengamatan bentang alamIndonesia

V.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Metode pembelajaran :  Bercakap-cakap, diskusi,Tanya jawab,pemberian tugas
2. Pendekatan                 : Saintifick

VI.MEDIA PEMBELAJARAN / SUMBER BELAJAR
1. Media pembelajaran       :  Serumpun padi untuk kegiatan pembuka.• Foto bentang alam: pantai, dataranrendah,
    dan dataran tinggi untukkegiatan IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia
2. Sumber belajar                                : Buku tematik Guru dan Siswa

VII.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi pembelajaran
Alokasi waktu
Pembukaan
1.   Siswa menyiapkan diri,guru menyuruh salah satu siswa memimpin didalam kelas ,memberi salam, membaca pancasila,menyanyi Lagu In donesia raya,membaca doa
2.   Guru mengajak siswa menyanyi atau melakukan permainan sebagai apersepsi.
3.   Guru memberi pertanyaan pada siswa mengenai materi yang  kemarin untuk di kaitkan dengan materi yang akan di sampaikan (memperlihatkan serumpun padi ) Apa kalian ketahui tentang tanaman ini?
4.   Guru menyampaikan materi secara sederhana untuk mengali pengalaman siswa mengenai materi yang akan di sampaikan.
5.   Guru menyampaikan materi hari ini tentang peduli terhadap makhluk hidup  sub tema :Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku
20 menit
Inti
Ayo Membaca
1.   Guru diharapkan dapat menyiapkan rumpun padi secukupnya. Kegiatanini bertujuan untuk menarik minat siswa pada kegiatan belajar yangakan berlangsung.
2.   Guru meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memotivasimereka untuk menjawab pertanyaan terbuka tersebut secara rinci. Siswadiminta untuk menggunakan sudut pandang dari berbagai sisi, contoh:Padi adalahTanaman yang bijinya dikonsumsi rakyat Indonesia setiap hari.,Makanan pokok rakyat Indonesia,Tumbuh di sawah di dataran rendah,Sumber daya alam hayati,Termasuk tanaman biji-bijian,Termasuk jenis tanaman rumpun,Kaya akan karbohidrat,Memiliki biji tunggal (monokotil), dll,Motivasi siswa untuk berpikir di luar kebiasaan “out of the box”, contoh:Biji padi juga dimakan oleh unggas, daunnya dimakan ulat dan hama ,wereng.Rumpun padi menjadi tempat tinggal beragam hewan seperti katak,ular, belut, dll,Kulit padi dimanfaatkan untuk sampo, untuk prakarya, untuk bahan bakar.,Padi menjadi sumber mata pencarian petani, dll
3.   Siswa kemudian saling mencocokan jawaban kepada satu/beberapa temanlain.
4.   Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan jawaban mereka.,
5.   Guru dapat meminta siswa menggunakan model “komidi putar” saatmereka membandingkan jawaban. Model kerja kelompok tersebuttelah digunakan di tema satu. Model ini dapat dikembangkan denganmeminta
6.   siswa tidak hanya membuat sepasang lingkaran besar dengananggota semua siswa di kelas. Minta siswa untuk membuat beberapapasang lingkaran. Setiap pasang lingkaran dapat beranggotakan 10siswa. I0 siswa ini akan membentuk 2 lingkaran, sehingga siswa akanmendapatkan kesempatan 5x pergantian pasangan.
7.   Siswa kemudian mendiskusikan jawaban secara klasikal dengan arahanguru.
8.   Guru memberikan penguatan.Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang dapat dimanfaatkansebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong adalahbeberapa di antaranya.Beragam tumbuhan tersebut merupakan sumber daya alam hayati yangdimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tumbuhan sebagaisumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya.
9.   Siswa diminta untuk memilih satu jenis tanaman yang sering merekakonsumsi dalam keseharian.
10. Siswa diminta untuk membuat pertanyaan sebanyak mungkin tentangtumbuhan pilihan mereka.Pertanyaan yang dibuat harus dapat menjawab rasa ingin tahu mereka.
11. Ingatkan siswa untuk membuat pertanyaan dengan memperhatikan penggunaan kosa kata baku dan kalimat efektif.
12. Siswa menuliskan daftar pertanyaan dibuku untuk digunakan pada pertemuanselanjutnya.
13. Siswa diingatkan kembali tentang teksyang telah mereka baca di awal kegiatanpembelajaran.
14. Siswa diminta untuk menuliskan tigatahap pertumbuhan padi, pada diagramyang tersedia.Menggunakan diagram terssebut siswakemudian mendiskusikan bersama temantentang satu tahapan dari padi yangpaling penting untuk dijaga keberadaannya.
15. Diskusikanlah hasilnya bersama temanmu.Berdasarkan diagrammu, bagian mana yang paling penting? Mengapa? Apadampaknya apabila bagian tersebut bermasalah?Diskusikan pendapatmu dengan temanmu.Karena banyak dikonsumsi oleh masyarakat, tanaman padi bisa sajaberkurang jumlahnya . Oleh sebab itu, petani harus menjaganya.Arahkan siswa untuk mendiskusikan tentang:Alasan mengapa satu tahap tanaman padi yang menjadi pilihanmereka adalah tahapan paling penting, (motivasi siswa untuk menemukan alasan sebanyak mungkin)Dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah? (bagi manusia,hewan, keberlangsungan rantai makanan, dan keberlangsungankehidupan)
16. Siswa kemudian membaca informasi tentang jawaban dari permasalahanyang telah mereka diskusikan, yaitu solusi untuk menjaga keberadaantanaman padi.k egiatan belajar ini bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalammembuat pertanyaan. Berikan pertanyaan-pertanyaan pancingan padasiswa untuk membuat mereka berfikir secara luas, dalam dan kritis.Minta mereka untuk berfikir di luar kebiasaan “out of the box
17.  Siswa bersama guru mendiskusikan jawaban secara klasikal danmenyimpulkan jawaban.
18. Siswa kembali diminta untuk membuat banyak pertanyaan tentangtumbuhan pilihan mereka. Pertanyaan yang dibuat adalah tentangbagaimana melestarikan tanaman yang dipilih dan mengenai cara-caramenjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.Tugas siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 1)
19. Siswa menuliskan pertanyaan tambahan pada daftar pertanyaan yangtelah mereka buat di kegiatan sebelumnya.
20. Siswa mengamati gambar tiga kondisigeografis yang ada di buku, yaitu: datarantinggi, dataran rendah, dan pantai.
21. Guru  menyiapkan foto-fototambahan dari ketiga bentang alamtersebut.Dengan lebih banyak foto yangdihadirkan, diharapkan akanmeningkatkan rasa ingin tahu siswa.
22. Siswa kembali diminta membuat pertanyaan tentang beragam hal yangingin mereka ketahui tentang ketiga bentang alam tersebut.
23. Siswa menuliskan pertanyaan pada kolom yang tersedia.
24. Siswa mendiskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan bersama satu/beberapa orang teman.
25. Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketigabentang alam tersebut.
26. Siswa membaca informasi tentangkarakteristik tiga bentang alam Indonesia,yaitu: pantai, dataran rendah, dandataran tinggi.
27. Siswa mengisi tabel tentang karakteristikbentang alam tersebut berdasarkaninformasi yang ada dalam bacaan.Berikut adalah beberapa cara untuk mempertahankan padi tetap dapatdinikmati masyarakat Indonesia.1. Menjaga bibit agar dapat ditanam kembali.2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai lahan digunakan untukkebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan bangunan.3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan menyebabkanbanjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan tumbuh.4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.5. Penggunaan beras yang tidak berlebihan.
28. Siswa mengamati gambar dan menulis sedikitnya 5 pertanyaan Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulisperbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.Bacalah tesk berikut dan isilah tabelnya.PantaiPantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut, Pantaiada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanyadigunakan untuk objek wisata.Dataran TinggiDataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meterdi atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untukperistirahatan, objek wisata dan usaha perkebunan.Dataran RendahDataran rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggiankurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataranrendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakanuntuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahandan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunankelapa dan tebu.9
29. Siswa kembali diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya tentangkarakteristik alam tempat tumbuhan pilihan mereka hidup.
30. Siswa menuliskan pertanyan tersebut pada daftar pertanyaan mereka diawal kegiatan.Daftar pertanyaan siswa diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 3)

24o menit
Penutup
1.   Guru bersam siswa merangkum materi dengan mencatat hal-hal yang penting
2.   Guru menyuruh siswa mengerjakan lembar evaluasi sebagai penilaian pengetahuan siswa
3.   Guru memberi kegiatan tindak lanjut sebagai tugas anak di rumah.
4.   Guru menasihati anak tentang sikap yang berkaitan dengan materi
5.   Guru mengajak siswa menyanyi lagu daerah
6.   Siswa membaca doa bersama
20 menit

VIII.PENILAIAN
1.Teknik penilaian

Pengetahuan
• Kalimat Tanya
• Keseimbangan lingkungan
• Kondisi geografis Indonesia

Keterampilan
• Menulis pertanyaan, menganalisis,
mengidentifikasi

Sikap
• Disiplin dan tanggung jawab
2.Bentuk penilaian
a.penilaian pengetahuan : Mengerjakan soal
b.peniilaian keterampilan
1. IPA


3.Penilaian Hasil Belajar
a.Soal
1.Apa manfaat padi ?
2.Bagaimana cara merawat padi ?
3.Apa yang akan terjadi bila tidak ada padi ?
4.Apa yang di maksud pantai ?
Sebutkan tiga bentang alam yang kamuketahui ?

b.Kunci jawaban
1.Untuk makanan pokok masyarakat Indonesia
2.-Tidak membuang sampah sembarangan,Menjaga saluran air,menjaga lahan pertanian,
      Menjaga bibit agat tetap unggul,
3.Banyak masyarakat yang kekurangan makanan
4.Perbatasan antara daratan dan lautan
5.Pantai,Dataran rendah,Dataran tinggi
c.Skor : jumlah soal x 2 : 10 =



                     Mengetahui
                  Kepala Sekolah


           ...............................................
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar