Nama
Sekolah : SDN BANYU URIP IX/
563
Mautan
Terpadu : Bahasa Indonesia,IPA,IPS
Tema : 3.Peduli terhadap
makhluk hidup
Sub
tema : 1.Hewan dan
tumbuhan dilingkungan rumahku
Pembelajaran ke :
1 (senin 2 oktober 2017 )
Kelas
/ semester : IV / I
Materi
Pokok : Buku hal 2
Alokasi
Waktu : 7 X 35 Menit (
1xpertemuan )
I.KOMPETENSI INTI
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dandalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.3
Menggali informasi dari seorang tokoh melaluiwawancara menggunakandaftar
pertanyaan
4.3
Melaporkan hasil wawancaramenggunakan kosakata bakudan kalimat efektif
dalambentuk teks tulis
Indikator:
3.3.1 Membuat daftar
pertanyaanuntuk persiapan wawancara
4.3.1 Membuat
pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata bakudan kalimat efektif untukpersiapan
wawancara.
IPA
3.1 Mengidentifikasi
karakteristikruang dan pemanfaatansumber daya alam untukkesejahteraan
masyarakatdari tingkat
kota/ kabupatensampai
tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil
identifikasikarakteristik ruang danpemanfaatan sumber dayaalam untuk
kesejahteraanmasyarakat
dari tingkatkota/kabupaten
sampai tingkatprovinsi
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi
karakteristikdataran tinggi, dataran rendah, dan pantai sertapemanfaatan sumber
daya
alamnya bagi
kesejahteraanmasyarakat.
4.1.1 Menyajikan
informasi hasilidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataranrendah, dan
pantai sertapemanfaatan
sumber dayaalamnya
bagi kesejahteraanmasyarakat.
IPS
3.8 Memahami
pentingnyaupaya keseimbangan danpelestarian sumber dayaalam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan
upayapelestarian sumber dayaalam bersama orang-orang dilingkungannya
Indikator:
3.8.1 Mengidentifikasi
masalahmasalahkeseimbanganlingkungan
4.8.1 Melakukan
identifikasimasalah keseimbanganlingkungan
III.TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaanuntuk persiapan
wawancara dengan tepat.
2. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata
baku dan kalimat efektif untuk persiapanwawancara dengan benar.
3. Dengan
diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasimasalah-masalah
keseimbangan lingkungan dengan tepat.
4. Dengan
diskusi pemecahan maslah, siswa mampu melakukan identifikasimasalah
keseimbangan lingkungan dengan tepat.
5. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristikdataran tinggi, dataran
rendah, dan pantai
serta pemanfatan sumber dayaalamnya bagi
kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
6. Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasilidentifikasi
karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai sertapemanfataan
sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakadengan sistematis.
IV.MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
: Membuat pertanyaan
IPA : Melakukan identifikasi masalah
keseimbangan lingkungan
IPS : Melakukan
pengamatan bentang alamIndonesia
V.METODE
DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Metode pembelajaran : Bercakap-cakap, diskusi,Tanya jawab,pemberian
tugas
2. Pendekatan : Saintifick
VI.MEDIA PEMBELAJARAN / SUMBER BELAJAR
1. Media
pembelajaran : Serumpun padi untuk kegiatan pembuka.• Foto bentang
alam: pantai, dataranrendah,
dan
dataran tinggi untukkegiatan IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia
2. Sumber
belajar :
Buku tematik Guru dan Siswa
VII.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pembukaan
|
1. Siswa menyiapkan
diri,guru menyuruh salah satu siswa memimpin didalam kelas ,memberi salam,
membaca pancasila,menyanyi Lagu In donesia raya,membaca doa
2. Guru
mengajak siswa menyanyi atau melakukan permainan sebagai apersepsi.
3. Guru
memberi pertanyaan pada siswa mengenai materi yang kemarin untuk di kaitkan dengan materi yang
akan di sampaikan (memperlihatkan serumpun padi ) Apa kalian ketahui tentang
tanaman ini?
4. Guru
menyampaikan materi secara sederhana untuk mengali pengalaman siswa mengenai
materi yang akan di sampaikan.
5. Guru
menyampaikan materi hari ini tentang peduli terhadap makhluk hidup sub tema :Hewan dan tumbuhan di lingkungan
rumahku
|
20
menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1. Guru diharapkan dapat menyiapkan rumpun padi secukupnya.
Kegiatanini bertujuan untuk menarik minat siswa pada kegiatan belajar
yangakan berlangsung.
2. Guru meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan
memotivasimereka untuk menjawab pertanyaan terbuka tersebut secara rinci.
Siswadiminta untuk menggunakan sudut pandang dari berbagai sisi, contoh:Padi
adalahTanaman yang bijinya dikonsumsi rakyat Indonesia setiap hari.,Makanan
pokok rakyat Indonesia,Tumbuh di sawah di dataran rendah,Sumber daya alam
hayati,Termasuk tanaman biji-bijian,Termasuk jenis tanaman rumpun,Kaya akan
karbohidrat,Memiliki biji tunggal (monokotil), dll,Motivasi siswa untuk
berpikir di luar kebiasaan “out of the box”, contoh:Biji padi juga
dimakan oleh unggas, daunnya dimakan ulat dan hama ,wereng.Rumpun padi
menjadi tempat tinggal beragam hewan seperti katak,ular, belut, dll,Kulit
padi dimanfaatkan untuk sampo, untuk prakarya, untuk bahan bakar.,Padi
menjadi sumber mata pencarian petani, dll
3. Siswa kemudian saling mencocokan jawaban kepada satu/beberapa
temanlain.
4. Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan jawaban mereka.,
5. Guru dapat meminta siswa menggunakan model “komidi putar”
saatmereka membandingkan jawaban. Model kerja kelompok tersebuttelah
digunakan di tema satu. Model ini dapat dikembangkan denganmeminta
6. siswa tidak hanya membuat sepasang lingkaran besar dengananggota
semua siswa di kelas. Minta siswa untuk membuat beberapapasang lingkaran.
Setiap pasang lingkaran dapat beranggotakan 10siswa. I0 siswa ini akan
membentuk 2 lingkaran, sehingga siswa akanmendapatkan kesempatan 5x
pergantian pasangan.
7. Siswa kemudian mendiskusikan jawaban secara klasikal dengan
arahanguru.
8. Guru memberikan penguatan.Indonesia memiliki beragam tumbuhan
yang dapat dimanfaatkansebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan
singkong adalahbeberapa di antaranya.Beragam tumbuhan tersebut merupakan sumber
daya alam hayati yangdimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tumbuhan
sebagaisumber daya alam tentunya perlu dijaga keberadaannya.
9. Siswa diminta untuk memilih satu jenis tanaman yang sering
merekakonsumsi dalam keseharian.
10. Siswa diminta untuk membuat pertanyaan sebanyak mungkin
tentangtumbuhan pilihan mereka.Pertanyaan yang dibuat harus dapat menjawab
rasa ingin tahu mereka.
11. Ingatkan siswa untuk membuat pertanyaan dengan memperhatikan penggunaan
kosa kata baku dan kalimat efektif.
12. Siswa menuliskan daftar pertanyaan dibuku untuk digunakan pada
pertemuanselanjutnya.
13. Siswa diingatkan kembali tentang teksyang telah mereka baca di
awal kegiatanpembelajaran.
14. Siswa diminta untuk menuliskan tigatahap pertumbuhan padi, pada
diagramyang tersedia.Menggunakan diagram terssebut siswakemudian
mendiskusikan bersama temantentang satu tahapan dari padi yangpaling penting
untuk dijaga keberadaannya.
15. Diskusikanlah hasilnya bersama temanmu.Berdasarkan diagrammu,
bagian mana yang paling penting? Mengapa? Apadampaknya apabila bagian
tersebut bermasalah?Diskusikan pendapatmu dengan temanmu.Karena banyak
dikonsumsi oleh masyarakat, tanaman padi bisa sajaberkurang jumlahnya . Oleh
sebab itu, petani harus menjaganya.Arahkan siswa untuk mendiskusikan tentang:Alasan
mengapa satu tahap tanaman padi yang menjadi pilihanmereka adalah tahapan
paling penting, (motivasi siswa untuk menemukan alasan sebanyak
mungkin)Dampaknya apabila bagian tersebut bermasalah? (bagi manusia,hewan,
keberlangsungan rantai makanan, dan keberlangsungankehidupan)
16. Siswa kemudian membaca informasi tentang jawaban dari
permasalahanyang telah mereka diskusikan, yaitu solusi untuk menjaga
keberadaantanaman padi.k egiatan belajar ini bertujuan untuk melatih
keterampilan siswa dalammembuat pertanyaan. Berikan pertanyaan-pertanyaan
pancingan padasiswa untuk membuat mereka berfikir secara luas, dalam dan
kritis.Minta mereka untuk berfikir di luar kebiasaan “out of the box”
17. Siswa bersama guru
mendiskusikan jawaban secara klasikal danmenyimpulkan jawaban.
18. Siswa kembali diminta untuk membuat banyak pertanyaan
tentangtumbuhan pilihan mereka. Pertanyaan yang dibuat adalah
tentangbagaimana melestarikan tanaman yang dipilih dan mengenai
cara-caramenjaga keseimbangan agar tanaman tersebut tidak habis.Tugas siswa
diperiksa guru menggunakan rubrik (penilaian 1)
19. Siswa menuliskan pertanyaan tambahan pada daftar pertanyaan
yangtelah mereka buat di kegiatan sebelumnya.
20. Siswa mengamati gambar tiga kondisigeografis yang ada di buku,
yaitu: datarantinggi, dataran rendah, dan pantai.
21. Guru menyiapkan foto-fototambahan
dari ketiga bentang alamtersebut.Dengan lebih banyak foto yangdihadirkan,
diharapkan akanmeningkatkan rasa ingin tahu siswa.
22. Siswa kembali diminta membuat pertanyaan tentang beragam hal
yangingin mereka ketahui tentang ketiga bentang alam tersebut.
23. Siswa menuliskan pertanyaan pada kolom yang tersedia.
24. Siswa mendiskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan bersama
satu/beberapa orang teman.
25. Siswa menuliskan perbedaan-perbedaan yang mereka temukan dari ketigabentang
alam tersebut.
26. Siswa membaca informasi tentangkarakteristik tiga bentang alam
Indonesia,yaitu: pantai, dataran rendah, dandataran tinggi.
27. Siswa mengisi tabel tentang karakteristikbentang alam tersebut
berdasarkaninformasi yang ada dalam bacaan.Berikut adalah beberapa cara untuk
mempertahankan padi tetap dapatdinikmati masyarakat Indonesia.1. Menjaga
bibit agar dapat ditanam kembali.2. Menjaga lahan pertanian. Jangan sampai
lahan digunakan untukkebutuhan lainnya, misalnya dijadikan untuk mendirikan
bangunan.3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Sampah akan
menyebabkanbanjir. Apabila terjadi banjir, maka tanaman padi tidak akan
tumbuh.4. Saluran air dijaga agar tetap mengalir.5. Penggunaan beras yang
tidak berlebihan.
28. Siswa mengamati gambar dan menulis sedikitnya 5 pertanyaan Diskusikan
pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulisperbedaan yang kamu
temukan dari ketiga tempat tersebut.Bacalah tesk berikut dan isilah tabelnya.PantaiPantai adalah daerah yang
berbatasan langsung dengan laut, Pantaiada yang landai dan ada pula yang
terjal. Pantai yang landai biasanyadigunakan untuk objek wisata.Dataran TinggiDataran tinggi adalah
permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meterdi atas permukaan laut. Dataran
tinggi biasanya dimanfaatkan untukperistirahatan, objek wisata dan usaha
perkebunan.Dataran RendahDataran
rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggiankurang dari 200
meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataranrendah berada di sekitar
pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakanuntuk berbagai keperluan, di
antaranya pertanian, peternakan, perumahandan industri serta beberapa jenis
kegiatan perkebunan seperti perkebunankelapa dan tebu.9
29. Siswa kembali diminta membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya
tentangkarakteristik alam tempat tumbuhan pilihan mereka hidup.
30. Siswa menuliskan pertanyan tersebut pada daftar pertanyaan
mereka diawal kegiatan.Daftar pertanyaan siswa diperiksa guru menggunakan
rubrik (penilaian 3)
|
24o
menit
|
Penutup
|
1. Guru
bersam siswa merangkum materi dengan mencatat hal-hal yang penting
2. Guru
menyuruh siswa mengerjakan lembar evaluasi sebagai penilaian pengetahuan
siswa
3. Guru
memberi kegiatan tindak lanjut sebagai tugas anak di rumah.
4. Guru
menasihati anak tentang sikap yang berkaitan dengan materi
5. Guru
mengajak siswa menyanyi lagu daerah
6. Siswa
membaca doa bersama
|
20 menit
|
VIII.PENILAIAN
1.Teknik
penilaian
Pengetahuan
• Kalimat Tanya
• Keseimbangan
lingkungan
• Kondisi geografis
Indonesia
Keterampilan
• Menulis pertanyaan,
menganalisis,
mengidentifikasi
Sikap
• Disiplin dan tanggung jawab
2.Bentuk
penilaian
a.penilaian
pengetahuan : Mengerjakan soal
b.peniilaian
keterampilan
1. IPA
3.Penilaian
Hasil Belajar
a.Soal
1.Apa
manfaat padi ?
2.Bagaimana
cara merawat padi ?
3.Apa
yang akan terjadi bila tidak ada padi ?
4.Apa
yang di maksud pantai ?
Sebutkan
tiga bentang alam yang kamuketahui ?
b.Kunci
jawaban
1.Untuk
makanan pokok masyarakat Indonesia
2.-Tidak
membuang sampah sembarangan,Menjaga saluran air,menjaga lahan pertanian,
Menjaga bibit agat tetap unggul,
3.Banyak
masyarakat yang kekurangan makanan
4.Perbatasan
antara daratan dan lautan
5.Pantai,Dataran
rendah,Dataran tinggi
c.Skor
: jumlah soal x 2 : 10 =
Mengetahui
Kepala Sekolah
...............................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar